Minggu, 19 November 2017

Pergaulan Bebas Beserta Dampaknya



Pergaulan Bebas

Nama               : Rizki Agung
Universitas      : Gunadarma
Dosen              : Ahmad Nasher SI.Kom, MM

            Pergaulan merupakan suatu hal yang dilakukan untuk bersosialisasi dengan sekitar kita. Pergaulan dapat terjadi pada siapa saja , baik pada laki-laki dengan laki-laku , perempuan dengan perempuan ,ataupun lawan jenis.Lalu apa itu pergaulan bebas ?
Pergaulan bebas merupakan cara berteman tanpa batas, baik dalam berbicara dan berperilaku dan sebagainya. Sayangnya, cara ini lebih sering mendatangkan dampak negatif pergaulan bebas yang lebih banyak terjadi pada laki-laki dan perempuan.
Remaja sebagai salah satu yang sudah tidak lagi anak-anak namun juga belum dapat dikatakan dewasa, biasanya amat senang untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, sesi bersosialisasi itu menjadi tidak terkontrol sehingga menimbulkan dampak negatif pergaulan bebas pada remaja.Berikut adalah penyebab terjadinya pergaulan bebas.
Penyebab Pergaulan Bebas
1.Orang Tua
Mengapa orang tua dapat menjadi penyebab remaja untuk melakukan pergaulan bebas ? Seperti konflik antar orang tua atau kebiasaan orang tua yang kurang baik.Ada juga orang tya yang lupa pada anaknya karena sibuk bekerja sehingga tidak memperhatikan anaknya.Hubungan yang renggang antar orang tua dan anak sudah dapat membuat anak mencari perhatin dengan melakukan pergaulan negatif(bebas) tersebut.
2.Lingkungan
Lingkungan dapat menyebabkan anak melakukan pergaulan bebas karena lingkungan yang tidak sehat akan mendorong anak tersebut untuk melakukan hal-hal yang negatif apalagi kurang wawasan/penjagaan dari orang tua.
3.Media massa
Pengaruh media massa sangat tinggi terhadap anak untuk melakukan pergaulan bebas.Peran media massa dalam pergaulan bebas adalah berupa pacaran atau pergantian pasangan yang terus menerus.
4.Kurangnya pendidikan kesehatan prosuksi
Pendidikan kesehatan reproduksi sering dianggap tabu untuk dibicarakan di rumah maupun di sekolah. Sehingga akhirnya anak remaja tersebut mencari tahu sendiri. Padahal, informasi tentang kesehatan reproduksi yang dicarinya rata-rata tidak dengan sumber yang dapat dipercaya.
5.Keagamaan dan lunturnya adat ketimuran
Religiusitas memang tidak menjamin seseorang untuk tidak melakukan pergaulan bebas. Tetapi, dengan arahan yang tepat rasa keagamaan dapat menjauhkan seseorang dari perbuatan yang tidak bermanfaat. Selain itu, adat ketimuran seperti sopan santun, ramah tamah, dan etika menjadi hal yang langka.
Berikut adalah dampak negatif dari pergaulan bebas
Dampak Negatif Pergaulan Bebas
1. Kehamilan yang Tidak Diinginkan
Ini merupakan salah satu dampak negatif pergaulan bebas akibat hamil di luar pernikahan. Biasanya, remaja yang mengalami ini akan mencari cara untuk menggugurkan (aborsi) kandungannya yang lebih banyak dilakukan oleh bukan tenaga kesehatan. Akibatnya, terjadi masalah kesehatan seperti sulit memiliki anak ketika menikah nanti ataupun kematian.
2. Putus Sekolah
Hal ini merupakan dampak negatif pergaulan bebas. Karena mereka lebih mengutamakan ego ketimbang akal sehat dan realita yang ada. Akibatnya, meningkatnya kemiskinan karena kurangnya pendidikan dan semakin bodohnya masyarakat menjadi hal yang sering terjadi.
3. Kriminalitas Tinggi
Tentu saja dampak negatif pergaulan bebas ini memicu angka kriminalitas. Pendidikan yang rendah, kemiskinan, dan kebutuhan akan hal-hal kesenangan seperti penggunaan narkoba dan zat adiktif memicu seseorang untuk melakukan kriminalitas seperti mencuri, merampok, memperkosa, atau membunuh seseorang.
4. Penyakit Sosial
Dampak negatif pergaulan bebas selanjutnya adalah meningkatnya penyakit sosial. Rasa empati dan belas kasih sudah tidak dianggap ada lagi. Diganti dengan rasa egoisme, tidak peduli asalkan senang, sifat hedonisme, dan melakukan segala cara buruk untuk mendapatkan apa yang diinginkan.
5. Masalah Kesehatan Secara Global
Dampak negatif pergaulan bebas selanjutnya adalah terjadinya masalah kesehatan. Penyakit menular seperti HIV/AIDS, Hepatitis, dan penyakit kelamin menjadi pemandangan yang dapat dijumpai. Padahal, hingga saat ini, penyakit ini tidak ada obatnya dan menimbulkan masalah kesehatan lain seperti kemandulan atau bahkan kematian.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar