Minggu, 05 November 2017

Pengertian dan Contoh Kasus Politik



Politik

Nama               : Rizki Agung
Universitas      : Gunadarma
Dosen              : Ahmad Nasher S.I.Kom, MM

A.      Pengertian Politik
         Politik berasal dari bahasa Yunani yaitu politikos, yang berarti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara. Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.
      Pengertian politik secara singkat atau sederhana adalah teori, metode atau teknik dalam memengaruhi orang sipil atau individu. Politik merupakan tingkatan suatu kelompok atau individu yang membicarakan mengenai hal-hal yang terjadi didalam masyarakat atau negara. Seseorang yang menjalankan atau melakukan kegiatan politik disebut sebagai "Politikus".
    Pengertian politik menurut definisi para ahli. Pengertian politik menurut definisi Aristoteles menyatakan bahwa pengertian politik adalah upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki. Pengertian politik menurut definisi Joice Mitchel yang mengatakan bahwa pengertian politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum masyarakat seluruhnya. Pengertian politik menurut definisi Prof. Meriam Budhiarjo, pengertian politik adalah macam-macam kegiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu.
B.      Contoh kasus politik di Indonesia
       Ada beberapa contoh kasus politik yang pernah terjadi di indonesia. Contoh kasus tersebut adalah sebagai berikut:
       1.      Kasus pelanggaran hak politik di Indonesia
        Contoh kasus hak politik yang pernah terjadi di Indonesia adalah pada pemilihan umum anggota DPR,DPD dan DPRD pada tanggal 9 april 2009.
2.      Kasus pelanggaran korupsi politik
       Kasus Nazaruddin ini adalah sampel kasus korupsi politik yang sangat sempurna dari aspek pelaku, modus operandinya dan tentu sarat kekuasaan. Bahwa memang, ada kejanggalan dalam kasus Nazaruddin," kata Boni dalam dialog kenegaraan di Gedung MPR/DPR, Rabu (24/08/2011).
3.      Kasus Bank Century , Kejahatan Politik Ekonomi
       Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa dari kasus Century ada partai politik tertentu yang mendapat keuntungan. Inilah "tradisi" dan model korupsi di Indonesia, jika mau aman gandenglah dengan partai politik yang berkuasa, maka yang namanya kasus korupsi paling-paling hanya disentuh ke permukaan, atau tinggal pilih siapa yang mau dijadikan kambing hitamnya untuk dipenjara, semua proses hukum sudah dijalankan.

Kesimpulan:
Politik berasal dari bahasa Yunani yaitu politikos, yang berarti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara. Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat. Pengertian politik secara singkat atau sederhana adalah teori, metode atau teknik dalam memengaruhi orang sipil atau individu. Menurut para ahli pengertian dari politik itu sendiri yaitu politik adalah macam-macam kegiatan yang berupaya untuk mengambil keputusan yang kolektif untuk kebijaksanaan umum masyarakat seluruhnya. Contoh kasus politik yang pernah ada di indonesia yaitu meliputi kasus pelanggaran hak politik di Indonesia, kasus pelanggaran korupsi politik, dan kasus bank century yang merupakan kejahatan politik ekonomi.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar