Jumat, 17 November 2017

Filsafat Pancasila



FILSAFAT PANCASILA



Nama               : Rizki Agung
Universitas      : Gunadarma
Dosen              : Ahmad Nasher SI.Kom, MM

A.     PENGERTIAN DAN PEMBIDANGAN FILSAFAT
Filsafat dalam Bahasa Inggris yaitu Philosophy, adapun istilah filsafat berasal dari Bahasa Yunani yaitu Philosophia, yang terdiri atas dua kata yaitu Philos (cinta) atau Philia (persahabatan, tertarik kepada) dan Sophos (hikmah, kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan, intelegensi). Jadi secara etimologi, filsafat berarti cinta kebijaksanaan atau kebenaran (love of wisdom). Orangnya disebut filosof yang dalam bahasa Arab disebut Failasuf. Sedangkan orangnya disebut filsuf/filosof/philosophus yang artinya pecinta kebijaksanaan.
Filsafat adalah pemikiran fundamental dan monumental manusia untuk mencari kebenaran hakiki (hikmat, kebijaksanaan); karenanya kebenaran ini diakui sebagai nilai kebenaran terbaik, yang dijadikan pandangan hidup (filsafat hidup, Weltanschauung).

B.     MANFAAT FILSAFAT
Berfilsafat ialah berusaha menemukan kebenaran tentang segala sesuatu dengan menggunakan pemikiran secara serius. Plato menghendaki kepala negara seharusnya filosuf. Belajar filsafat merupakan salah satu bentuk latihan untuk memperoleh kemampuan memecahkan masalah secara serius, menemukan akar persoalan yang terdalam, menemukan sebab terakhir satu penampakkan.
Dengan uraian diatas jelaslah bagi kita bahwa secara kongkrit manfaat mempelajari filsafat adalah :
1. Filsafat menolong mendidik
2. Filsafat memberikan kebiasaan dan kepandaian untuk melihat dan memecahkan  persoalan-  persoalan dalam hidup sehari-hari.
3. Filsafat memberikan pandangan yang luas
4. Filsafat merupakan latihan untuk berpikir sendiri
5.  Filsafat memberikan dasar,-dasar, baik untuk hidup kita sendiri (terutama dalam etika) maupun untuk ilmu-ilmu pengetahuan dan lainnya, seperti sosiologi, Ilmu jiwa, ilmu mendidik, dan sebagainya.

Manfaat ideal yang dapat ditemui oleh orang yang mempelajari filsafat terutama terhadap pemahamannya tentang eksistensi manusia dan kemanusiaannya dalam dinamika kehidupan. Manfaat praktis dalam mengkaji filsafat , dapat memubuat manusia mampu menggali , mengolah , dan memanfaatkan setiap potensi atau sumber daya yang ada, baik yang ada dalam diri ataupun yang terdapat diluar dirinya, melalui gerak menuju tingkat kehidupan yang lebih baik dari masa sebelumnya.
Manfaat filsafat antara lain sebagai berikut :
1.      Merasakan hidup yang lebih sadar sebagai manusia
2.      Tidak menjadikan kita tenggelam dalam kejasmanian saja (kurang berpikir)
3.      Menyebabkan kita lebih cerdas dan tangkas
4.      Melatih kita berpandangan luas (tidak picik)

C.     PANCASILA SEBAGAI SUATU SISTEM FILSAFAT
Pancasila sebagai sistem filsafat adalah suatu kesatuan yang saling berhubungan untuk satu tujuan tertentu,dan saling berkualifikasi yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya. Jadi Pancasila pada dasarnya satu bagian/unit-unit yang saling berkaitan satu sama lain,dan memiliki fungsi serta tugas masing-masing.

D.    MAKNA NILAI-NILAI PADA SETIAP SILA PANCASILA
      Pancasila sebagi filsafat bangsa indonesia telah menekankan kepada setiap manusi indonesia untuk menjadi manusia seutuhnya yakni sebagai manusia yang berketahanan manusia yang berkemanusiaan, manusia yang mempersatukan manusia akan cita cita kemanusiaannya, manusia yang cakap dengar dgn manusia lainnya, yang adalah cerminan dirinya dan manjsia yang berkeadilan akan sesamanya dengan adil sebagai dasar cita akan keadilan.

1.      Ketuhanan Manusia
     Makna nilai sila pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa ini melingkupi untuk percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercyanannya masing-masing dengan memperhatikan nilai kemanusiaan dan keberadaban sebagai suatu bangsa yang mengejar.
2.      Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Manusia yang berkemanusiaan dalam filosofi pancasila adalah manusia yang dapat mengejawantahkan nilai kemanusiaan ke dalam bentuk sikap tindak yang mengakui persamaan drjat, dengan mengembangkan sikap saling mencintai, bersikap tenggang rasa, tidak semena mena dengan orang lain, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, dan berani membela kebenaran dan keadilan serta dengan mengembangkan pula sikap saling menghormti dan bekerjasama dengan banga lain.
3.      Persatuan indonesia
       Persatuan indoesia merupakan nilai yang mengajarkan untuk selaras dengan hakikat satuya indonesia. Hakikat satunya indonesia merupakan prinsip/kehendak untuk tetap utuh, tidak bisa dipecah belah dan dengan semngt pancasila menghendaki agar indonesia dapat mandiri dan bersaing dalam hal yang poitif fdengan bangsa lainnya.
4.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanan dalam permusyawaratan perwakilan
       Dalam kekuasaan negara indonesia senantiasa harus mengutamakan kepentingan rakyat indonesia. Dengan menggunakan nilai-nilai kearifan bangsa indonesia yang berupa musyawarah sampai mencapai mufakat dengan semangat kekeluargaan dan tanggung jwab kpd rakyat indonesia.
5.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
Seseorang memperoleh keadilan tidak hanya tergantung pada kemauan individu-individu yang langsung bersangkutan, melainkan juga tergantung pada struktur atau proses yang ada di dalam masyarkat. Semua mengajukan keinginan bangsa indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Kesimpulan :
Filsafat adalah pemikiran fundamental dan monumental manusia untuk mencari kebenaran hakiki (hikmat, kebijaksanaan). Belajar filsafat merupakan salah satu bentuk latihan untuk memperoleh kemampuan memecahkan masalah secara serius, menemukan akar persoalan yang terdalam, menemukan sebab terakhir satu penampakkan. Salah satu manfaat filsafat adalah merasakan hidup yang lebih sadar sebagai manusia. Pancasila pada dasarnya satu bagian/unit-unit yang saling berkaitan satu sama lain,dan memiliki fungsi serta tugas masing-masing. Makna nilai sila pancasila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa ini melingkupi untuk percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Makna sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab adalah manusia yang dapat mengejawantahkan nilai kemanusiaan ke dalam bentuk sikap tindak yang mengakui persamaan derajat. Makna sila ketiga yaitu Persatuan Indoesia merupakan nilai yang mengajarkan untuk selaras dengan hakikat satuya indonesia. Makna sila keempat yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanan dalam permusyawaratan perwakilan adalah kekuasaan negara indonesia senantiasa harus mengutamakan kepentingan rakyat indonesia.Makna sila kelima yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia adalah seseorang memperoleh keadilan tidak hanya pada kemauan individu melainkan juga pada struktur yang ada didalam masyarakat.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar