Sabtu, 18 November 2017

Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara



Membangun Kesadaran
Berbangsa dan Bernegara

Nama               : Rizki Agung
Universitas      : Gunadarma
Dosen              : Ahmad Nasher SI.Kom, MM
Membangun kesadaran berbangsa dan bernegara kepada pemuda merupakan hal yang sangat penting, karena pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari perjalanan panjang bangsa ini. Kesadaran berbangsa dan bernegara jangan diperkirakan hanya berlaku pada pemerintah saja, tetapi harus lebih luas memandangnya, sehingga dalam penerapannya, pemuda lebih kreatif dalam menerapkan arti sadar berbangsa dan bernegara ini dalam kehidupannya tanpa menghilangkan hakekat kesadaran berbangsa dan bernegara itu sendiri.
1. Melalui Keluarga Besar
Keluarga inti merupakan unsur utama dan sangat penting terbentuknya kelompok masyarakat dan bangsa. Melalui keluarga maka nilai-nilai kehidupan dikenalkan pada anak. Melalui keluarga maka anak dapat belajar hidup dan akan mewariskan nilai-nilai kehidupan dan budaya yang dianut dalam suatu keluarga, masyarakat dan bangsa.
2. Peran Orang Tua
Orang tua harus mempunyai kesadaran dan memberikan contoh bersikap dan berperilaku yang menjunjung tinggi pluralitas. Orang tua harus mempunyai semangat dan sikap berdemokrasi. Orang tua yang dapat membangun budaya berdemokrasi dalam keluarga akan membawa pengaruh positif pada kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara.
3. Sosialisasi melalui media massa
Media massa mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam membangun masyarakat multikultur karena perannya yang sangat potensial untuk mengangkat opini publik sekaligus sebagai wadah berdialog antar lapisan masyarakat.Terkait dengan isu keragaman budaya (multikulturalisme).
4. Melalui Organisasi  
Memberikan keteladanan keikhlasan/ kerelaan bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia. Mempunyai semangat dan sikap berdemokrasi dalam pergaulan mempunyai kesadaran dan memberikan contoh bersikap dan berperilaku yang menjunjung tinggi pluralitas.
5. Melalui pendidikan
Dapat berpartisipasi aktif dalam proses penyusunan kurikulum pendidikan yang bermuatan kesadaran berbangsa dan bernegara. Dapat berpartisipasi langsung sebagai tenaga pendidikan (guru) yang berwawasan kebangsaan. Apabila anda seorang siswa anda dapat menjadi teladan siswa dalam rangka meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.
Perilaku atau Sikap kesadaran berbangsa dan bernegara. Contoh Perilaku atau Sikap kesadaran berbangsa dan bernegara di lingkungan sekolah:
1. Menghargai perbedaan suku, agama dan status sosial antar teman.
2. Ikut upacara bendera
3. Mematuhi peraturan sekolahan.
4. Belajar dengan baik.

            Contoh Perilaku atau Sikap kesadaran berbangsa dan bernegara di lingkungan keluarga, masyarakat dan Negara antara lain:
1. Menghargai perbedaan suku agama dan status sosial.
2. Melaksanakan kewajibannya di masyarakat seperti gotong royong dan ikut siskamling.
3. Mematuhi peraturan yang ada dimanapun anda berada.
4. Menghargai aturan pemerintah.

Kesimpulan:
Para kaum pemuda adalah generasi penerus bangsa, oleh karena itu Membangun kesadaran berbangsa dan bernegara kepada pemuda merupakan hal yang sangat penting. Kesadaran berbangsa dan bernegara jangan diperkirakan hanya berlaku pada pemerintah saja, tetapi harus lebih luas memandangnya, sehingga dalam penerapannya, pemuda lebih kreatif dalam menerapkan arti sadar berbangsa dan bernegara ini. Ada beberapa faktor yang dapat membangun kesadaran berbangsa dan bernegara yaitu melalui keluarga besar, peran orang tua, sosialisasi melalui media massa, organisasi, dan pendidikan. Melalui keluarga besar ini adalah faktor yang paling utama dalam membangun kesadaran berbangsa dan bernegara. Selain itu juga, menurut saya melalui pendidikan juga adalah faktor yang paling erat untuk membangun kesadaran berbangsa dan bernegara.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar