Jumat, 02 Juni 2017

Cara Membangun "Budaya Indonesia"




Membangun Budaya Indonesia


            Pada pembahasan materi kali ini, kita akan belajar bagaimana cara untuk membangun budaya indonesia. Sebelumnya kita harus mengetahui apasih yang dikatakan dengan Budaya tersebut. Budaya adalah sebuah sistem yang ada dalam suatu masyarakat dan budaya tersebutlah yang mengatur kehidupan masyarakat tersebut sehingga mereka mempunyai hukum, tata cara hidup, dan lainnya. Kemudian, sistem yang ada ini diturunkan ke generasi berikutnya sehingga lahirlah kebudayaan sebagai hasil adanya budaya.
            Banyak sekali budaya yang ada di Indonesia ini. Mulai dari bahasa, seni, tarian, maupun ritual daerah yang berbeda-beda pada setiap suku nya. Namun, sayangnya budaya Indonesia mulai memudar. Punahnya suku-suku tersebut jelas disebabkan karena budaya suku yang tidak dilestarikan lagi.
            Kemudian jika kita ingin membangun budaya indonesia, kita harus mengenal budaya indonesia khususnya budaya di daerah kita sendiri. Cara yang dapat kita lakukan untuk hal tersebut ialah bisa dengan cara bergabung dengan komunitas budaya yang ada di sekitar kita sendiri. Apabila tidak ada komunitas tersebutdi daerah sekitar kita, apa salahnya kita membentuk komunitas tersebut demi melestarikan ataupun membangun budaya indonesia.
            Ada berbagai hal yang akan anda dapatkan disini. Pertama, kita bisa lebih mengenal budaya kita sebab dalam sebuah komunitas, akan ada beberapa tokoh kebudayaan yang sering berkunjung untuk menambah pengetahuan kita atau bisa juga mereka bertukar pikiran dengan kita dan anggota komunitas lain tentang budaya untuk menghindari penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan Lalu, untuk mempererat tali persaudaraan dan kekompakan dalam melestarikan budaya, sebuah komunitas akan membuat acara tertentu yang bertemakan budaya kita. Sama halnya dengan poin sebelumnya, ini merupakan hal yang sangat menguntungkan kita sebab anda bisa mempelajari bagaimana budaya kita dari acara tersebut.
            Budaya terbentuk karena adanya kebiasaan pada setiap aktifitas ataupun kegiatan yang dilakukan sehari-hari maupun pada setiap waktu tertentu. Budaya juga dapat mencerminkan kepribadian bangsa dan daerah itu sendiri. Mungkin sekian yang dapat saya jelaskan untuk membangun Budaya Indonesia, dengan membangun Budaya Indonesia kita dapat melestarikan budaya yang sudah memudar di negeri Indonesia ini, jangan sampai budaya kita terlepas dari kita dan diambil oleh negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar