Kamis, 15 Juni 2017

Toleransi yang Harus dibangun di Indonesia



Toleransi yang Harus dibangun di Indonesia

          Sebelum kita terus menelusuri toleransi apa yang harus di bangun di Indonesia kita ini, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu toleransi terlebih dahulu. Toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleransi menghindarkan terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.

Istilah toleransi mencakup banyak bidang, salah satunya adalah agama. Toleransi Beragama merupakan sikap saling menghormati dan menghargai penganut agama lain. Kenapa saya menginginkan sikap toleransi beragama ada pada Indonesia kita ini. Karena menurut saya agama adalah kunci dari kehidupan, pedoman selama kita hidup, juga penuntun bagi kita untuk selalu pada jalan yang benar. 

Mungkin sikap toleransi beragama di Indonesia sudah ada sejak dahulu, akan tetapi kenapa masih banyak kekacauan, pertengkaran serta hal-hal lain yang tidak diinginkan karena kurangnya sikap toleransi beragama pada diri masing-masing yang mungkin kebanyakan orang merasa egois seakan-akan agama yang dianutnya adalah agama yang paling benar. Tetapi sikap itu wajar menurut saya bagi para pemeluk agama, sehingga terjadilah kekacauan ataupun pertengkaran antar si penganut agamanya masing-masing. Padahal apabila sikap toleransi beragama itu ditanamkan secara betul pada diri masing-masing, mungkin kejadian yang tidak diinginkan itu tidak akan terjadi.

Selain itu toleransi antar umat beragama yaitu meyakini bahwa agamaku adalah agamaku dan agamamu adalah agamamu. Dengan kata lain toleransi beragama adalah saling respect atau menghargai agama orang lain dan tidak boleh memaksakan orang lain untuk menganut agama kita. Serta kita tidak boleh mengejek-ngejek ataupun mencela agama orang lain dengan alasan apapun karena sejatinya kita adalah sama-sama manusia.

Oleh karena itu, marilah kita sama-sama membangun sikap toleransi yang khususnya toleransi dalam beragama. Agar hidup kita lebih rukun, nyaman, dan damai. Sekian penulisan tentang sikap toleransi apa yang harus dibangun di Indonesia, kurang lebihnya mohon maaf karena kesalahan datangnya dari saya pribadi dan kebenaran hanyalah milik Allah SWT. Terimakasih Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar