Minggu, 31 Maret 2019

Ekologi dan Ilmu lingkungan serta Asas-asas Pengetahuan Lingkungan


           Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang apa itu “ekologi dan ilmu lingkungan”, serta “asas-asas pengetahuan lingkungan”. Penjelasan dari pembahasan tentang ekologi dan ilmu lingkungan serta asas-asas pengetahuan lingkungan adalah sebagai berikut :
1.         Ekologi dan Ilmu Lingkungan
Ø                Ekologi
            Apabila dilihat menurut segi bahasa, ekologi berasal dari bahasa yunani yaitu oikos dan lagos yang memiliki arti rumah ataupun habitat. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari seluruh pola hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan sesamanya maupun dengan apa saja yang berada di sekitarnya. Ekologi juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang ekosistem serta bagian-bagian yang ada didalamnya.
            Paragraf diatas menjelaskan apa itu ekologi menurut definisi umum. Selain itu, ekologi juga dapat diartikan menurut beberapa ahli. Berikut ini saya akan menjelaskan pengertian ekologi menurut beberapa ahli. Menurut Miller, ekologi adalah suatu ilmu mengenai hubungan timbal balik diantara organisme serta sesamanya dan juga lingkungannya. Menurut Andre warthaekologi, ekologi merupakan suatu ilmu yang membahas penyebaran dan juga kemelimpahan organisme. Sedangkan menurut Krebsekologi, ekologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji suatu interaksi yang menentukan adanya penyebaran dan juga kemelimpahan organisme.
Ø           Ilmu lingkungan
            Ilmu adalah segala sesuatu tentang pemahaman seseorang atau manusia dari berbagai segi. Sedangkan lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup yang memengaruhi perkembangan makhluk hidup lainnya, baik langsung maupun tidak langsung. Pengertian dari ilmu dan lingkungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ilmu lingkungan adalah pemahaman seseorang atau manusia tentang segala sesuatu yang menyangkut perkembangan makhluk hidup.

2.         Asas-asas Pengetahuan Lingkungan
            Asas-asas yang terdapat dalam pengetahuan lingkungan yaitu ada 14 asas. Berikut ini adalah asas-asas pengetahuan lingkungan :
 1. “SEMUA ENERGI YANG MEMASUKI SEBUAH ORGANISMA (HIDUP)POPULASI ATAU EKOSISTEM DAPAT DIANGGAP SEBAGAI ENERGI YANG TERSIMPAN ATAU TERLEPASKAN. ENERGI DAPAT DIUBAH DARI BENTUK SATU KE BENTUK YANG LAIN, TETAPI TIDAK DAPAT HILANG, DIHANCURKAN, ATAU DICIPTAKAN”.

2.    “TAK ADA SISTEM PENGUBAH ENERGI YANG BETUL-BETUL EFISIEN”.

3.    “MATERI, ENERGI, RUANG, WAKTU, DAN KEANAKARAGAMAN, SEMUANYA TERMASUK KATEGORI ALAM”.

4.    “UNTUK SEMUA KATEGORI ALAM, KALAU PENGADAANNYA SUDAH MENCAPAI OPTIMUM, PENGARUH UNIT KENAIKANNYA SERING MENURUN DENGAN PENAMBAHAN SUMBER ALAM ITU SAMPAI KE SUATU TINGKAT MAKSIMUM. MELAMPAUI BATAS MAKSIMUM MERUPAKAN USAHA YANG SIA – SIA”.

5.    “ADA DUA JENIS SUMBER ALAM DASAR, YAITU SUMBER ALAM YANG PENGADAIANNYA DAPAT MERANGSANG PENGGUNAAN YANG SETE RUSNYA, DAN YANG TAK MEMPUNYAI DAYA RANGSANG PENGGUNAAN LEBIH LANJUT”.

6.    “INDIVIDU DAN SPESIES YANG MEMEPUNYAI LEBIH BANYAK KETURUNAN DARI PADA SAINGANNYA, CENDERUNG BERHASIL MENGALAHKAN SAINGANNYA ITU”.

7.    “KEMANTAPAN KEANAKARAGAMAN SUATU KOMUNITAS LEBIH TINGGI DIALAM LINGKUNGAN YANG MUDAH DIRAMAL”.

8.    “SEBUAH HABITAT DAPAT JENUH ATAU TIDAK OLEH KEANEKARAGAMAN TAKSON, BERGANTUNG KEPADA BAGAIMANA NICIA DALAM LINGKUNGAN HIDUP ITU DAPAT MEMISAHKAN TAKSON TERSEBUT”.

9.    “KEANEKARAGAMAN KOMUNITAS APA SAJA SEBANDING DENGAN BIOMASSA DIBAGI PRODUKTIFITAS”.

10.       “PADA LINGKUNGAN YANG STABIL PERBANDINGAN ANTARA BIOMASSA DAN PRODUKTIVITAS DALAM PERALANAN WAKTU NAIK MENCAPAI SEBUAH ASIMTOT”.

11. “SISTEM YANG SUDAH MANTAP (DEWASA) MENGEKSPLOITASI SISTEM YANG BELUM MANTAP (BELUM DEWASA)”.

12.  “KESEMPURNAAN ADPTASI SUATU SIFAT ATAU TABIAT BERGANTUNG KEPADA KEPENTINGAN RELATIFNYA DI DALAM LEADAAN SUATU LINGKUNGAN”.

13.  “LINGKUNGAN YANG SECARA FISIK MANTAP MEMUNGKINKAN TERJADINYA PENIMBUNAN KEANEKARAGAMAN BIOLOGI DALAM EKOSISTEM YANG MANTAP YANG KEMUDIAN DAPAT MENGALAHKAN KEMANTAPAN POPULASI”.

14.  “DERAJAT POLA KETERATURAN NAIK-TURUNNYA POPULASI NERGANTUNG KEPADA JUMLAH KETURUNAN DALAM SEJARAH POPULASI SEBELUMNYA YANG NANTI AKAN MEMPENGARUHI POPULASI ITU”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar