Jumat, 24 Maret 2017

Tempat wisata yang berkesan

Taman Safari Indonesia 


          Sebelum saya bercerita tentang mengapa saya memilih taman safari sebagai tempat wisata yang paling berkesan bagi saya. Maka alangkah baiknya kita untuk lebih mengenal atau mengetahui asal-usul taman safari secara singkat. Walaupun secara logika, siapa sih orang indonesia yang tidak tahu tempat rekreasi satwa yang sudah terkenal ke berbagai mancanegara ini ?
        Taman Safari Indonesia dibangun pada tahun 1980 pada sebuah perkebunan kina yang sudah tidak produktif lagi seluas 50 hektar. Taman ini ditetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada masa itu dan diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap, Menteri Kehutanan pada masa itu, pada tanggal 16 Maret 1990. Kini, luas Taman Safari telah berkembang menjadi 168 hektare dan dilengkapi dengan berbagai sarana edukasi dan rekreasi serta mengadakan safari malam pada saat akhir pekan dan libur panjang. Taman Safari Indonesia juga membuka tempat wisata di daerah lain yaitu Taman Safari Indonesia 2 terletak di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, serta Taman Safari Indonesia 3 di Desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali dan Batang Dolphins Center di Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Mungkin cukup perkenalan kita tentang sedikit asal-usul Taman Safari Indonesia ini. 
        Sekarang saya akan bercerita kenapa saya memilih tempat ini untuk dijadikan alasan sebagai tempat wisata yang paling berkesan bagi saya. Jadi, pada saat waktu kecil dulu saya sering sekali membeli poster tentang hewan-hewan satwa. Hingga saya ingin sekali pergi ke kebun binatang untuk melihat hewan-hewan yang ada di poster yang saya sering membelinya. Namanya juga anak kecil yang masih banyak rasa ingin tahunya, belum lagi kalau ada rasa ketertarikan tersendiri. Dan pada akhirnya saya dan keluarga saya pergi bertamasya ke kebun binatang taman safari tersebut bersama-sama. 
         Sampai disana, ternyata tempat wisata taman safari itu ramai sekali karena pada waktu itu taman safari sehabis di renovasi. Setelah melewati pintu masuk, kita dapat mengelilingi kebun binatang dengan menggunakan mobil pribadi atau mobil bis yang telah disediakan bagi yang tidak membawa kendaraan mobil pribadi dan kita juga diperbolehkan memberi makanan kepada hewan secara langsung. Disitulah letak kesenangan saya pada waktu itu yang telah memberi makan rusa lewat jendela kaca mobil, akan tetapi pada saat memasuki zona hewan buas kita di harapkan untuk berhati-hati dan untuk tidak memberi makan kepada hewan buas tersebut agar tidak mengganggu aktifitas mereka supaya mereka bisa tetap nyaman walaupun adanya kendaraan yang banyak lalu-lalang itu. 
       Kemudian tidak hanya disitu saya merasakan kesenangannya, setelah mengelilingi kebun binatang dengan menggunakan mobil. Saya diajak oleh orang tua saya untuk melihat pertunjukan sirkus gajah. Awalnya saya takut untuk melihat sirkus itu karena gajahnya besar-besar sekali. Karena imajinasi anak kecil itu memang luas, jadi saya takut kalau si gajah yang besar itu akan mengamuk ketika berjalannya pertunjukan sirkus. Akan tetapi, setelah melihat pertunjukan tersebut saya malah merasa senang sekali sampai-sampai saya sendiri yang memberi makan gajah itu pada waktu pertunjukan walaupun masih di gendong sama ayah saya hehe.. 
        Pada saat pertunjukan sirkus gajah itulah yang membuat tempat wisata taman safari indonesia ini sebagai tempat wisata yang berkesan bagi saya. Karena pada saat pertunjukan itu tidak hanya kelucuannya saja yang dapat dinikmati, akan tetapi ada pembelajaran bagi saya pada saat melihat pertunjukan itu. Betapa hebatnya sang pawang gajah itu bisa menjinaki ataupun mendidik hewan yang bisa saja awalnya bersifat liar seperti gajah sampai bisa melakukan apapun yang si pawang mau. Padahal kalau dipikir secara logika gajah itu lebih besar dari pada manusia, tetapi gajah dapat tunduk kepada manusia. Memang benar, manusia itu diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna di antara makhluk yang lainnya. Sekian dari penulisan saya tentang tempat wisata yang berkesan bagi saya kali ini, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan kata. Sekian dan Terimakasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar